Studi: Lama Menatap Layar Gadget Tidak Sepenuhnya Buruk Bagi Anak

Ditulis Oleh | Kamis, 03 Oktober 2019 13:03 | Dibaca : 8 Kali | Terakhir Diperbaharui : Kamis, 03 Oktober 2019 13:11
ilustrasi ilustrasi google

Liputan6.com, Jakarta - Dewasa ini, memberikan anak-anak smartphone atau gadget lain saat para orang tua mengobrol agar sang anak tetap kalem bukan jadi hal yang aneh lagi.


Setelah fenomena ini berlangsung, ada beberapa sugesti yang menyebutkan screen time, atau waktu dimana seseorang menatap layar gadget entah untuk bermain atau menonton, berpengaruh buruk terhadap otak anak, hingga bisa merubah struktur otaknya.

Namun ternyata, sugesti itu tidak sepenuhnya benar.

Studi teranyar dari Universitas Oxford yang dipublikasikan di Nature Human Behaviour menyebutkan, screen time untuk anak tidak berbahaya, dan hampir tidak ada efek psikologisnya bagi kesehatan si kecil, dilansir dari Ubergizmo, Senin (13/5/2019).

Kemudian, penelitian Lydia Denworth yang dipublikasikan di Scientific American mencatat, teknologi tidak berpengaruh buruk pada kondisi emosional anak.

pakah anak menjadi lebih depresi, punya keinginan bunuh diri, lebih terisolasi, jawabannya ternyata tidak. Jadi, para orang tua tidak perlu khawatir anak akan menjadi 'beringas' karena smartphone.

Meski begitu, orang tua tetap tidak boleh begitu saja memberikan screen time pada anak.

Meski tidak memberikan dampak buruk, itu hanya akan terjadi jika orang tua memberi porsi screen time yang pas. Lain halnya jika sang anak sudah kecanduan, maka kejadian mengerikan yang tidak terbayang bisa saja terjadi.

Untungnya, beberapa agensi teknologi raksasa seperti Apple dan Google telah memikirkan hal ini jauh-jauh hari. Mereka membenamkan fitur yang membantu para orang tua mengontrol kapan sang anak harus bermain smartphone dan kapan ia harus berhenti.

IWAN T BILUSMADI

LABKESLING  | Kerja di labkesling kota Kupang sebagai Analis Kesehatan dan berkeluarga

labkes.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Artikel Terkait

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.